7 Tips membuat format buku kerja

Dipostingan kali ini kita Kita akan membahas cara membuat format data agar lebih terlihat menarik dengan cara yang sangat sederhana. Sebelum menyajikan data untuk klien, atasan atau pihak yang berkepentingan dengan data Anda, ada baiknya menggunakan format yang tersaji dibawah ini. Berikut cuplikannya.... :)

1. Menggunakan tabel untuk memformat data dengan cepat
Diperkenalkan pada Excel 2007, Tabel Excel adalah cara yang sangat ampuh untuk menangani sekelompok data terkait.  
Langkah-langkanya adalah sebagai berikut:
a. Buatlah tabel seperti gambar berikut:
Tabel Excel

b. Letakkan kursor pada sel A1
c. tekan CTRL + T 
d. ENTER.  
e. Dan bingo, data Anda terlihat cantik dalam waktu sekejap...
Hasil Olah Data Excel
2. Mengubah warna format sel dalam sekejap
Setelah melakukan langkah pertama berarti anda telah membuat sebuah model spreadsheet atau dashboard. Apabila Anda ingin mengubah warna sesuai dengan selera Anda. Anda dapat meng-klik menu Page Layout dan memilih skema warna dari kotak warna di sebelah kiri atas. Microsoft telah mendefinisikan beberapa skema warna yang sesuai dengan selera. Perpaduan warna tersebut akan terlihat kontras dan tampak apik pada layar Anda. Anda juga dapat menentukan skema warna Anda sendiri (untuk mencocokkan gaya perusahaan). Apa lagi, Anda bahkan dapat menentukan skema untuk font atau menggabungkan keduanya dan membuat tema baru.
Cara merubah format warna Excel
3. Menggunakan Styles pada cell
Konsistensi merupakan aspek penting dari format. Dengan menggunakan styles pada sel, Anda dapat memastikan bahwa semua informasi yang sama dalam buku kerja Anda diformat dengan cara yang sama. Misalnya, Anda bisa mewarnai semua sel masukan dalam warna orange, semua catatan dalam abu-abu terang, dan warna-warna yang lain.
Untuk menerapkan style sel, cukup pilih semua sel yang ingin memiliki Style yang sama dan dari nenu Home, pilih style yang Anda inginkan (from styles area).
Style Area Excel
4. Menggunakan format painter
Anda dapat menggunakan format painter untuk menyalin format dari satu daerah ke daerah lain. perhatikan gambar dibawah ini untuk memahami bagaimana tools ini bekerja. Anda dapat menemukan format painter di menu Home, kiri atas.
Format Pointer Excel
Langkah-langkahnya adalah:
- Buatlah tabel seperti gambar diatas
- blok semua sel yang formatnya ingin dicopy
- klik format painter

- lalu blok semua sel tujuan
dan hasilnya akan menjadi seperti ini:
Hasil Format Pointer Excel

5. Menghapus format sel dalam satu kali klik
Terkadang kita ingin memulai dengan spredsheet yang bersih tanpa format. Mungkin pekerjaan teman kita yang terdahulu memberikan data yang berantakan sehingga menyulitkan Anda untuk membaca data tersebut.
Caranya sangat sederhana, cukup pilih semua sel, dan klik Home>> Hapus Format. Dan Anda akan memiliki hanya nilai yang tersisa, sehingga Anda dapat memformat segala sesuatu dengan cara yang Anda inginkan.
Menu menghapus data Excel dalam satu kali klik
6. Format pintas keyboard
Format merupakan pekerjaan sehari-hari. Kita melakukannya saat menulis email, membuat buku kerja, menyiapkan laporan, menyusun setumpuk slide atau menggambar sesuatu. Bahkan saat saya menulis posting ini, saya format itu. Jadi mengetahui beberapa shortcut format dapat meningkatkan efektifitas Anda dalam bekerja. Saya menggunakan ini hampir setiap kali saya bekerja di Excel.
  • CTRL + 1 : Membuka fitur format cell (number, alignment, font, borde, fill dan protection)
  • CTRL + B, I, U : B (Bold), I (Italic), U (Underline)
  • CTRL + T : Menunjukkan format tabel pada sel
  • F4 : Mengulangi tindakan terakhir. Misalnya kita dapat menerapkan format teks miring di sel. pilih sel lain lalu tekan F4 untuk melakukan hal yang sama
7. Pilihan format untuk print
Data yang terlihat di layar Anda tidak selamanya akan bagus ketika di cetak, jika Anda tidak menetapkan opsi cetak yang benar. Pastikan bahwa Anda tahu bagaimana menggunakan pengaturan cetak tersebut. Semua ini dapat diakses dari menu Page Layout. Untuk lebih lanjut, Anda juga dapat menggunakan print preview dan kemudian “page settings” button. Perhatikan gambar di bawah ini:
Format print data Excel
Demikianlah artikel mengenai 7 Tips membuat format buku kerja Excel ini. Semoga bermanfaat, jika ada masukan dan saran silakan berkomentar.

Silakan kunjungi juga Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips membuat format buku kerja"

Post a Comment

Terima Kasih telah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar.