Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Microsoft Excel memiliki fungsi (function) yang begitu banyak. Salah satu fungsi digunakan dalam lingkungan database. Fungsi-fungsi ini mirip dengan fungsi statistik biasa. Fungsi-fungsi statistik ini terkadang disebut dengan "Fungsi D". Dimana istilah "D" inni diambil dari kata "database" ketika Excel belum mengubah istilah ini menjadi LIST (Daftar) atau mengikuti istilah umum yang dipergunakan rata-rata program spreadsheet.
Pada artikel berikut kita akan membahas fungsi-fungsi statistik yang sering kita gunakan sehari-hari.
Fungsi-fungsinya seperti berikut ini :
Syntax penulisan fungsi database:
Function (List, Field, Criteria)
Function merupakan nama fungsi yang dikehendaki yang mana terdiri atas:
- DAVERAGE : menghasilkan nilai rata-rata dari suatu range atau daftar.
- Bentuk Penulisan : Average(bil1, bil2,…Contoh : =Average(A1:A5)
- DCOUNT : menghitung jumlah bilangan pada suatu range.
- Bentuk Penulisan : Count(value1,value2,..)Contoh : =Count(A1:A5)
- DCOUNTA : Menghitung jumlah cell yang berisi sembarang data pada suatu range daftar.
- Dengan rumus yang dipakai : =COUNTA(C7:C10)
- DMAX : Melihat nilai tertinggi dari suatu range.
- Bentuk Penulisan =MAX(number1,number2,…)
- DMIN : Melihat nilai terendah pada suatu range.
- Bentuk Penulisan : = MIN(number1,njmber2…)
- DRANK : menghasilkan ranking suatu bilangan diantara sekumpulan data.
- DRANK(number,ref,order)
- DSTDEV : menghitung standar Deviasi.
- =STDEV(number1,number2,…)
- DSTDEVP : menghitung standar deviasi populasi.
- =STDEV(number1,number2,…)
- DSUM : Menghitung total.
- Dengan Rumus =SUM(C7:C10)
- DVAR : menghitung variance
- DVARP : menghitung populasi variance
Mengolah Database
Salah
satu pekerjaan yang sering dilakukan adalah mengelolah daftar data
(database). Pada database kegiatan yang kita lakukan antara lain mencari
data berdasarkan syarat tertentu, menyaring data yang memenuhi syarat
dan mengurutkan isi data. Dalam lembar kerja Excel, databese merupakan
range yang berisikan data yang disusun berdasarkan baris dan
kolom.setiap kolom mengandung data sejenis misalnya Nama, Alamat dan
sebagainya. Kolom-kolom ini disebut Field dan setiap field harus mempunyai Judul atau Nama.
Beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan dalam susunan database adalah:
Sebagai syarat untuk melakukan subtotal adalah database harus sudah diurutkan (cara mengurutkan data sudah saya bahas pada artikel sebelumnya). Excel secara otomatis akan menyisipkan baris baru dan memasukkan formula subtotal pada setiap pergantian kelompok data.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Nama field harus berada di satu baris
- Tidak boleh ada nama field yang sama.
- Baris yang langsung berada dibawah judul dianggap data. Jadi jangan memisahkan judul kolom dan data dengan baris kosong.
Sebagai syarat untuk melakukan subtotal adalah database harus sudah diurutkan (cara mengurutkan data sudah saya bahas pada artikel sebelumnya). Excel secara otomatis akan menyisipkan baris baru dan memasukkan formula subtotal pada setiap pergantian kelompok data.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Klik salah satu sel yang berada dalam tabel database.
- Pilih perintah subtotal dari menu data.
- Pada At each change in, klik box panah kemudian klik Nama Supplier.
- Pada Use Function, klik box panah kemudian pilih SUM.
- Pada Add Subtotal klik STOK.
- Klik pada Relace Current Subtotals, agar apabila sebelumnya kita telah melakukan subtotal maka nilai tersebut diganti/ditimpah.
- Klik pada Summary Below Data, agar subtotal diletakkan dibwah data.
- Klik OK.
Fasilitas Filter
Filter
adalah fasilitas yang dapat digunakan untuk menampilkan data yang
sesuai dengan kriteria sedangkan data yang tidak memenuhi syarat
disembunyikan untuk sementara sampai ada perintah filter yang baru.
Auto Filter
Langkah-langkahnya:
- Aktifkan tabel.
- Klik pada salah satu sel dalam tabel database.
- Pilih menu data kemudian pilih filter
- Klik autofilter
- Penampakannya seperti gambar berikut ini, perhatikan lingkaran merah:
- Sekarang apabila kita klik segitiga keci pada cell A1, B1, C1, dan D1, kita bisa menampilkan hanya data yang kita kehendaki, tinggal di centang saja data yang dikehendaki tersebut.
- Selesai.
Baca juga artikel mengenai Teknik Perlindungan Data Excel.
Fungsi Statistik Dalam Database >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Fungsi Statistik Dalam Database >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Fungsi Statistik Dalam Database >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK