Excel merupakan aplikasi besar dengan lebih dari 1000 fitur dan 100-an (menu) perintah. Hal ini membuat kita binggung setelah Anda membuka Excel. Jadi salah satu keterampilan dasar agar Anda tidak binggung adalah memahami bagaimana menggunakan berbagai tools yang ada pada Excel dan mengakses fitur-fitur yang Anda cari.
Pada masa sekarang, pekerjaan apa pun membutuhkan keterampilan dasar Excel. Keterampilan dasar Excel ini meliputi berbagai macam kemampuan diantaranya: kemampuan untuk memasukkan dan memformat data, menghitung total & ringkasan melalui rumus, membuat laporan sederhana & grafik, memahami pentingnya tombol keyboard & trik pintas. 4 hal berikut merupakan inti dari keterampilan dasar Excel.
Ketika Anda membuka Microsoft Excel, Anda akan melihat tampilannya seperti gambar berikut:
Pada masa sekarang, pekerjaan apa pun membutuhkan keterampilan dasar Excel. Keterampilan dasar Excel ini meliputi berbagai macam kemampuan diantaranya: kemampuan untuk memasukkan dan memformat data, menghitung total & ringkasan melalui rumus, membuat laporan sederhana & grafik, memahami pentingnya tombol keyboard & trik pintas. 4 hal berikut merupakan inti dari keterampilan dasar Excel.
Ketika Anda membuka Microsoft Excel, Anda akan melihat tampilannya seperti gambar berikut:
Ada 5 area penting yang harus Anda ketahui:
1. Quick Access Toolbar (Akses Cepat Toolbar) : Ini adalah area di mana semua alat penting ditempatkan. Ketika Anda membuka lembar kerja Excel, Anda hanya akan melihat ada 3 ikon (Simpan, Undo, Redo). Tapi Anda dapat menambahkan fitur Excel apapun untuk Quick Access Toolbar dengan meng-klik segitiga kecil paling kanan sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya.
2. Ribbon: Ribbon area menu Excel yang lebih detail lagi. Ini menggambarkan semua fitur Excel agar Anda mudah untuk memahaminya. Excel memiliki 1000-an fitur, fitur-fitur ini dikelompokkan ke dalam beberapa menu. menu yang paling penting adalah - Home, Insert, Fromulas, Page Layout & Data.
3. Formula Bar: Di sinilah perhitungan atau rumus yang Anda tulis akan muncul. Anda akan memahami relevansi ketika Anda mulai membuat sebuah formula.
4. Spreadsheet Grid: Ini adalah di mana nomor, data, grafik & gambar akan di buat. Setiap file Excel dapat berisi beberapa lembar. Tapi grid spreadsheet menunjukkan beberapa baris & kolom spreadsheet aktif. Untuk melihat baris atau kolom yang lebih banyak, Anda dapat menggunakan scroll bar ke kiri atau di bagian bawah. Jika Anda ingin mengakses lembar lain, klik pada nama sheet (atau gunakan shortcut CTRL + Page Up atau CTRL + Page Down).
5. Status bar: Ini memberitahu kita apa yang sedang dilakukan oleh lebar kerja Excel. Anda dapat mengetahui apakah Excel sedang menghitung formula, membuat laporan atau makro dengan hanya melihat status bar. Status bar juga menunjukkan ringkasan cepat dari sel yang dipilih (menghitung, jumlah, rata-rata, minimum atau nilai maksimum). Anda dapat mengubah ini dengan mengklik kanan di atasnya dan memilih mana ringkasan yang ingin ditampilkan.
Seperti yang sudah saya sampaikan terdahulu pada artikel ini, kita akan membahas 6 hal mendasar pada Microsoft Excel. 6 hal tersebut adalah sebagai berikut:
1. Memasukkan dan Memformat nomor, data dan tabel.
Pengelolaan data menjadi salah satu alasan utama mengapa Anda menggunakan Excel. Excel cukup intuitif dan mudah digunakan ketika membuat data atau mengolahnya. Karena sifatnya grid, dapat menyimpan dan mengelola ribuan data dengan mudah. Fitur-fitur seperti copy, paste, find, sort, go to, dll membuat proses mengelola data menjadi sangat mudah.
Berbagai cara mengolah dan memformat data:
7 tips untuk format workbook Anda
Mengesankan bos Anda dengan format spreadsheet
Mengola Data Tingkat Lanjut
2. Menghitung Total & Rangkuman menggunakan Rumus
Disinilah terletak kelebihan Excel. Tanpa formula, Excel hanya seperti kotak besar di mana Anda dapat menyimpan data. Dengan Menggunakan Formula, Anda dapat menghitung total, ringkasan, pertanyaan jawaban dan mendapatkan wawasan yang lebih banyak lagi. Dibagian fitur seperti Autosum misalnya, Anda dapat dengan mudah membuatnya untuk kebutuhan pekerjaan tanpa berpikir atau banyak belajar.
Contoh Rumus-rumus Excel
Pengantar Rumus
Rumus IF Excel
Fungsi Vlookup
3. Membuat Laporan dengan cepat
Salah satu alasan mengapa Excel digunakan dalam bisnis adalah untuk membuat laporan atau grafik. Dan alasan ini juga yang melatarbelakangi para pemula ingi tahu carannya seperti apa. Sedangkan memasukkan data, menghitung total dan format tabel itu hal yang lebih mudah, membuat laporan tugas yang sangat kompleks memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Saya tekankan disini, tidak semua hal rumit jika Anda belajar dengan benar. Mulailah dengan belajar dari hal-hal berikut ini:
2. Ribbon: Ribbon area menu Excel yang lebih detail lagi. Ini menggambarkan semua fitur Excel agar Anda mudah untuk memahaminya. Excel memiliki 1000-an fitur, fitur-fitur ini dikelompokkan ke dalam beberapa menu. menu yang paling penting adalah - Home, Insert, Fromulas, Page Layout & Data.
3. Formula Bar: Di sinilah perhitungan atau rumus yang Anda tulis akan muncul. Anda akan memahami relevansi ketika Anda mulai membuat sebuah formula.
4. Spreadsheet Grid: Ini adalah di mana nomor, data, grafik & gambar akan di buat. Setiap file Excel dapat berisi beberapa lembar. Tapi grid spreadsheet menunjukkan beberapa baris & kolom spreadsheet aktif. Untuk melihat baris atau kolom yang lebih banyak, Anda dapat menggunakan scroll bar ke kiri atau di bagian bawah. Jika Anda ingin mengakses lembar lain, klik pada nama sheet (atau gunakan shortcut CTRL + Page Up atau CTRL + Page Down).
5. Status bar: Ini memberitahu kita apa yang sedang dilakukan oleh lebar kerja Excel. Anda dapat mengetahui apakah Excel sedang menghitung formula, membuat laporan atau makro dengan hanya melihat status bar. Status bar juga menunjukkan ringkasan cepat dari sel yang dipilih (menghitung, jumlah, rata-rata, minimum atau nilai maksimum). Anda dapat mengubah ini dengan mengklik kanan di atasnya dan memilih mana ringkasan yang ingin ditampilkan.
Seperti yang sudah saya sampaikan terdahulu pada artikel ini, kita akan membahas 6 hal mendasar pada Microsoft Excel. 6 hal tersebut adalah sebagai berikut:
1. Memasukkan dan Memformat nomor, data dan tabel.
Pengelolaan data menjadi salah satu alasan utama mengapa Anda menggunakan Excel. Excel cukup intuitif dan mudah digunakan ketika membuat data atau mengolahnya. Karena sifatnya grid, dapat menyimpan dan mengelola ribuan data dengan mudah. Fitur-fitur seperti copy, paste, find, sort, go to, dll membuat proses mengelola data menjadi sangat mudah.
Berbagai cara mengolah dan memformat data:
7 tips untuk format workbook Anda
Mengesankan bos Anda dengan format spreadsheet
Mengola Data Tingkat Lanjut
2. Menghitung Total & Rangkuman menggunakan Rumus
Disinilah terletak kelebihan Excel. Tanpa formula, Excel hanya seperti kotak besar di mana Anda dapat menyimpan data. Dengan Menggunakan Formula, Anda dapat menghitung total, ringkasan, pertanyaan jawaban dan mendapatkan wawasan yang lebih banyak lagi. Dibagian fitur seperti Autosum misalnya, Anda dapat dengan mudah membuatnya untuk kebutuhan pekerjaan tanpa berpikir atau banyak belajar.
Contoh Rumus-rumus Excel
Pengantar Rumus
Rumus IF Excel
Fungsi Vlookup
3. Membuat Laporan dengan cepat
Salah satu alasan mengapa Excel digunakan dalam bisnis adalah untuk membuat laporan atau grafik. Dan alasan ini juga yang melatarbelakangi para pemula ingi tahu carannya seperti apa. Sedangkan memasukkan data, menghitung total dan format tabel itu hal yang lebih mudah, membuat laporan tugas yang sangat kompleks memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Saya tekankan disini, tidak semua hal rumit jika Anda belajar dengan benar. Mulailah dengan belajar dari hal-hal berikut ini:
Contoh Membuat laporan menggunakan grafik:
Pivot Tables - fitur pelaporan Cepat & mudah pada Excel
Membuat laporan pivot
Cara memilih grafik yang tepat untuk situasi apa pun?
Membuat grafik di Excel
4. Cara pintas Excel
Hal ini tidak cukup untuk mengetahui berbagai fitur Excel. Sebagai pemula, hal ini membantu untuk mengetahui bagaimana menggunakan Excel. Ini termasuk mengetahui cara pintas tombol keyboard, cara pintas mouse, workarounds, kustomisasi Excel & bagaimana membuat semuanya terlihat lebih cepat.
Berikut link pembelajaran mengenai cara pintas Excel:
Keyboard Shortcuts
Mouse Shortcuts
Tips efektif Excel
Membuat workbook Excel yang baik
Trik & cara pintas penting Excel
Top 10 hal yang dapat Anda lakukan dalam 10 menit di Excel
Pivot Tables - fitur pelaporan Cepat & mudah pada Excel
Membuat laporan pivot
Cara memilih grafik yang tepat untuk situasi apa pun?
Membuat grafik di Excel
4. Cara pintas Excel
Hal ini tidak cukup untuk mengetahui berbagai fitur Excel. Sebagai pemula, hal ini membantu untuk mengetahui bagaimana menggunakan Excel. Ini termasuk mengetahui cara pintas tombol keyboard, cara pintas mouse, workarounds, kustomisasi Excel & bagaimana membuat semuanya terlihat lebih cepat.
Berikut link pembelajaran mengenai cara pintas Excel:
Keyboard Shortcuts
Mouse Shortcuts
Tips efektif Excel
Membuat workbook Excel yang baik
Trik & cara pintas penting Excel
Top 10 hal yang dapat Anda lakukan dalam 10 menit di Excel
Demikian artikel mengenai kemampuan dasar dalam menggunakan microsoft Excel, silakan mempelajari tahap demi tahap. jika ada masukan dan saran untuk artikel ini, silakan tinggalkan komentar.
terimakasih untuk informasinya.
ReplyDeleteKeterampilan Dasar Microsoft Excel >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Keterampilan Dasar Microsoft Excel >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Keterampilan Dasar Microsoft Excel >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK
Casino Finder (Google Play) Reviews & Demos - Go
ReplyDeleteCheck Casino Finder (Google Play). A look at some of https://septcasino.com/review/merit-casino/ the septcasino best gambling gri-go.com sites in the world. They titanium ring offer a full game septcasino library,