Trik Menggunakan Fungsi Vlookup

Untuk mengambil data tertentu dari suatu tabel atau daftar, Excel memiliki tiga buah fungsi LOOKUP, yaitu VLOOKUP, HLOOKUP, dan LOOKUP. Ketiiga fungsi ini memiliki kemampuan masing-masing yang berbeda satu sama lain, namun memiliki tujuan yang sama yaitu menemukan bagian informasi khusus dari suatu daftar.

Perbedaan diantara ketiga buah fungsi ini terletak dari bentuk tabel dan susunan data yang di cari. 

Field Kunci Excel
Atau dapat dijelaskan:

VLOOKUP merupakan singkatan dari Vertikal Lookup yang bekerja dengan tabel atau daftar yang tersusun secara vertikal atau baris demi baris. Dengan kata lain fungsi ini digunakan untuk mencari data pada baris yang sama namun pada kolom yang berbeda.

HLOOKUP merupakan singkatan dari Horizontal Lookup yang bekerja dengan tabel atau daftar yang tersusun secara horizontal atau dalam kolom-kolom. Dengan kata lain fungsi ini digunakan untuk mencari data pada kolom yang sama namun pada baris yang berbeda.

Syntax dari fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP (Field Kunci, Range Daftar, Nama, atau Nomor kolom dari data yang dicari, Tingkat ketepatan)
=HLOOKUP (Field Kunci, Range Daftar, Nama, atau Nomor baris dari data yang dicari, Tingkat ketepatan)
=LOOKUP (Field Kunci, Range Daftar, Range Kolom dari data yang dicari, Tingkat ketepatan)

Mari kita bahas satu persatu ketiga fungsi tersebut. Artikel dibawah ini akan menjelaskan langkah demi langkah menggunakan ketiga fungsi ini.

VLOOKUP
  • Buatlah dua tabel pada lembar kerja excel yaitu tabel sumber dan tabel referensi seperti pada gambar dibawah ini:


Tabel Sumber dan Tabel Referensi Vlookup
  • Pada tabel sumber terdapat kolom cell nama barang yang isinya masih kosong semua. kolom ini akan diisi menggunakan tabel referensi.
  • Tempatkan kursor anda pada cell E4 
  • Tuliskan Rumus secara manual lalu tekan ENTER. =VLOOKUP(D4;$H$4:$I$10;2)
Tabel Rumus Vlookup Excel
           - D4 adalah merupakan cell untuk lookup value. 
           - $H$4:$I$10 adalah range statis untuk tabel referensi yang akan Anda butuhkan.
           - 2 adalah nomor posisi kolom yang akan diambil datanya dari tabel referensi.
  • Rumus tersebut akan mengisi nilai Sabun Mandi 
Hasil Rumus Vlookup Excel

  •   Copy Cell E4 ke cell-cell berikutnya sampai cell E9
 Copy Cell Vlookup Excel
  •  Rumus yang kita buat tersebut akan mengisi semua cell dengan baik sesuai dengan tujuan.

Hasil Rumus Vlookup Excel

  •  Selesai
Untuk 2 Fungsi yang lainnya akan saya bahas pada artikel berikutnya. Terima Kasih semoga tulisan sederhana ini bermanfaat, jika ada masukan dan saran untuk artikel ini jangan sungkan untuk berkomentar dibawah.

Baca juga artikel mengenai 8 Tips Membuat Bos Terkesan dengan Format Spreadsheet

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Menggunakan Fungsi Vlookup"

Post a Comment

Terima Kasih telah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar.